Dalam
dunia pendidikan banyak sekali inovasi yang dilakukan tak terkecuali
dalam pembelajaran, karena pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan
untuk mengoptimalkan potensi siswa agar dapat mencapai tujuan
pendidikan. Untuk itu perlu adanya perrencanaan yang matang, dalam
perencanaan ini terdapat pendekatan pembelajaran yang meliputi strategi,
metode dan teknik pembelajaran. Pendekatan pembelajaran ini harus
dailakukan pembaharuan agar sesuai dengan perkembangan zaman.
Strategi
pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan yang telah dirancang guna
mencapai tujuan secara efektif dan efisien yang dilakukan oleh guru dan
siswa. Macam-macam strategi pembelajaran meliputi: Strategi Pembelajaran
Ekspositori (SPE), Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI), Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) , Strategi Pembelajaran Kooperatif
(SPK), Stategi Pembelajaran Kontekstual (CTL), Srategi Pembelajaran
Afektif, Strategi Pembelajaran Kreatif Produk, Strategi Pembelajaran
Inkuiri ktif , Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek, Strategi
Pembelajaran Kuantum, Strategi Pembelajaran Siklus, Srategi Pembelajaran
Berbasis Komputer dan Berbasis Elektronik (E-Learning), Strategi
Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB).
Metode
pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk mengimplementasikan
rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Macam-macam metode pembelajaran meliputi:
Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi, Metode Kerja
Kelompok, Metode Pemberian Tugas, Metode Demonstrasi, Metode Ceramah
Plus, Metode Eksperimen, Metode Simulasi, Metode Examples non Examples,
Metode Karya Wisata.
Teknik
pembelajaran adalah cara yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan
suatu metode secara spesifik, misalnya penggunaan metode diskusi, perlu
digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif
dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Macam-maccam teknik
pembelajaran meliputi teknik syarahan, Teknik perbincangan, Teknik
projek, Teknik penyelesaian masalah, Teknik dapatan, Teknik permainan,
Teknik kooperatif .
Dari
ketiga pendekatan pembelajaran itu harus saling berkesinambungan dan
terus dilakukan pembaharuan-pembaharuan agar tujuan dari pembelajaran
dapat dicapai secara optimal. Selain itu dalam pelaksanaan strategi,
metode dan teknik pembelajaran guru harus menyesuaikan dengan kondisi
kelas dan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar